Friday, April 25, 2008

Kecurangan UN oleh Guru SMAN 1 Selatpanjang



Dunia pendidikan Indonesia tercoreng dengan ditemukannya sejumlah kecurangan dalam Ujian Nasional (UN) yang dilakukan para guru. Salah satu kecurangan tersebut terjadi di kota Selatpanjang yang saya cintai yang telah diberitakan salah satu website dengan judul Di Riau Guru Kerjakan UN. Guru dengan sengaja memberikan jawaban kepada siswa-siswanya dengan alasannya, takut siswanya tidak lulus dalam UN karena nilai kelulusan yang ditetapkan oleh pemerintah dirasakan cukup tinggi dan tidak mampu dijangkau oleh siswa.

Layakkah seorang pendidik melakukan hal demikian?
Dengan alasan apapun, tindakan tersebut merupakan sebuah aib bagi dunia pendidikan Indonesia dan tidak pantas dilakukan oleh seorang yang bergelar guru. Lebih jauh lagi, hal tersebut memberikan gambaran guru memberikan pendidikan yang tidak sehat kepada anak didiknya. Kalau sudah begini, mungkinkah orang akan respect terhadap guru?

Sebagai alumni SMA Negeri 1 Selpa (salah satu sekolah yang dikatakan telah melakukan kecurangan itu), tentu saja saya tidak tinggal diam, dan coba mencari tau kebenarannya. Ketika saya tanyakan kepada salah seorang anak dari tetangga yang duduk di kelas 3 SMAN1 Selpa, ternyata, kecurangan tersebut memang terjadi. Selain itu, para guru telah menginstruksikan kepada siswanya untuk tidak belajar menghadapi UN, karena guru siap membantu para siswa dalam menjawab soal UN.

Berbeda informasi yang saya dapatkan dari salah seorang teman wartawan. Katanya, ia ikut mengawasi jalannya UN di SMA tapi kecurangan tidak terjadi. Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Tebing Tinggi juga ikut membantah adanya guru yang melakukan kecurangan dalam UN. Sebagai bentuk bantahannya UPTD Dikpora Kecamatan Tebing Tinggi membuat surat pernyataan yang ditandatangani seluruh pengawas dan tim independen yang ikut mengawasi jalannya UN.

Lantas, benarkah telah terjadi kecurangan? Mudah-mudahan jawabannya akan ditemukan seiring berjalannya waktu.


15 comments:

Anonymous said...

KISAYE PRIHATEN DENGAN INFO YANG CIK SITI TULES. MUDAH-MUDAHN NIAT SAYE NAK BALEK KAMPONG NANTI ADELAH KEPUTUSAN YANG TEPAT DAN KEBERADAAN SAYE MEMBERI NILAI MANFAAT UNTOK KELUARGE DAN KAMPONG SAYE...

Cik Siti said...

niat yang baik dan disertai kemauan yang tinggi, insya allah akan membawakan hasil yang baik pule.
Mudah-mudahan, dunie pendidikan di Selatpanjang ataupun di tempat2 yang lain akan terus berkembang.

Kire2 ade tak LSM Pendidikan yang mau membantu masalah pendidikan di kampong?

Petuah said...

Dunie pendidikan sekarang ni memang cukop pelik cik siti..kebetulan sy anggota salah satu lembaga study ilmiah kat Yogyakarta, sambilan di luar kul sy. dr hasil survey lembaga, ortu siswa melimpahkan harapan terlalu berlebihan kpd pendidikan formil melebihi kemampuan yg ada pd sekolah, dan mereduksi porsi pendidikan dlm lingkungan keluarga. jd dlm hemat sy, kt hrs mulai dr pendidikan dlm lingkungan keluarga dgn memberikan kesadaran kpd ortu ttg konsep pendidikan dlm lingkungan keluarga.

Cik Siti said...

Nah, sebagai orang cerdik pandai tolonglah atah wadi berikan konsep2 pendidikan dalam lingkungan keluarga tu.
Mudah2an nanti memberikan manfaat bagi ortu yang ada di Selatpanjang

Petuah said...

Senarnye sy bukan siape2 cik siti,..mgkn satu saat nnt, tp sy nak memulai dr keluarge sy sendiri dulu, atau mgkn dr diri sy sendiri dulu. kl dah menyangkot org ramai, spertinye perlu kerjasama dg semua pihak. sbb pendidikan lingkungan keluarge tentu hrs didukung pl oleh lingkungan masy yg kondusif.
entah knpe pulak sy skrg btol2 tertarek dg dunia pendidikan ni cik siti..mgkn krne perubahan sistem sosial mmg hrs dimulai dr sistem pendidikan, di balek kenyataan bhw jalur reformasi sistem politik telah gagal.

Cik Siti said...

menurut saya suatu bangsa bile ingin menjadi besar harus mempunyai pondasi pendidikan yang mantap, betul tak?

Dulu sayapun tak pernah tertaik dengan dunia pendidikan. Tetapi setelah saye melihat banyaknye guru-guru yang tidak berkualitas di Selatpanjang, saya jadi prihatin.
Banyaknya teman2 dulu yang satu sekolah dengan saya, tiba2 menjadi guru. Padahal saya tau, bagaimana kemampuannya waktu di sekolah. Tapi mungkin saja mereka mengalami perubahan sehingga mendadak pintar dan bisa mengajar. Tapi saya malah kecewa melihat kualitas mengajar mereka.

kesian betul tengok dunie pendidikan, terutame di Selatpanjang

Nyoman Hadianto said...

asslm..cik..salam kenal dulu
saye berdomisili di selatpanjang. kalo menurut saye se kita tak bisa dengan serta merta nyalahen guru jika memang berita yang cik siti tulis itu benar. Guru sekarang ne ngalamin yang namanya Up-Down Force kali. Mereka harus berjuang dengan nurani sendiri. Sekarang kita bayanging jika kita ada diposisi guru. bayangin jika murid kita tak ada yang lulus dengan standar yang "terlalu dipaksakan" itu. Saya malah ingin tertawa sendiri ketika beberapa hari lalu pak menteri turun menjadi pengawas "independen" di beberapa sekolah di ibukota. beliau sudah ngedapatin banyak kecurangan, sekarang bagaimana dengan sekolah-sekolah yang di kampoeng???? Apakah sekolah yang ada di kampung "=" sekolah di kota? sedang kita tahu keadaannya....apakah semua standar yang ada dalam SNP itu memang sudah di laksanakan dan dievaluasi oleh pemerintah. Apakah mentalitas masyarakat kita sudah siap menerima semua itu. Sedang kita tahu terlalu banyak orang menganggap bahwa "tidak lulus" adalah sebuah kegagalan. Bagaimana kalo guru di "massa"? bagaimana jika tidak ada lagi pendaftar disekolah karena sekolah sudah dianggap jelek? Gurulah yang tahu betul anak didiknya, bukan pak menteri. Seandainya semua guru, masyarakat dan pemerintah mau jujur.......masalahnya kejujuran sendiri hampir punah...

Petuah said...

Nah.. makin kompleks nih masalahnya.. berarti, solusiny pon makin ribet. kl di pikir2, forum kt ni mgkn bukan apa2, sbb sy yakin pak mentri dah memulai kebijakannya dg sederetan kajian ilmiah dg melibatkan sederetan pakar pl', terlepas pakar yang pro ato kontra, yg jelas, kebijakan dah dijalankan. it's ok, sy nak ajak cik dan tuan becakap2 ttg filosofi dasar pijakan sistem pendidikan kt ni. ape pendapat cik cik semue ttg tabularasa? tegasnye, relevankah filosofi kertas putih dg akal budi m'sia?
just fr discuss..

Cik Siti said...

Hallo Nyoman Hadianto, salam kenal. Saye kurang paham pulak, kalau kebijakan menteri tu elok atau tak elok.

Tapi yang saye permasalahkan perbuatan guru yang melakukan kecurangan. Apapun kondisinye dan apepun masalahnye, setiap perbuatan yang salah tetap dipandang salah.

Kite tak bisa menghalalkan jual beli narkoba karena alasan nak memenuhi kebutuhan hidup, nak kasi anak istri makan. Kalau semue bisa dijadikan alasan begitu, ape jadinye hidup ni?
Kalau dari bangku sekolah lagi generasi muda sudah diasuh untuk bermental penipu. Ape jadinye bile mereka terjun ke dunie masyarakat, ape jadinye bile mereke dah jadi pejabat?
Saye kuatir mereka akan jadi penipu, kalau dah banyak penipu ape jadi bangse ni kelak?

Ajakan Atah Wadi tu, sangat bagus.
Tapi saye raselah, orang kampung macam saye ni, kurang pantas becakap hal-hal cam tu hehehe... maklum kurang ilmu.

Hmm... Tabula-rasa. Menurut saye filosofi tersebut tabularasa, hampir same dengan filosofi Islam dari sebuah hadits nabi, "Setiap anak terlahir dalam kondisi suci, kedua orangtuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nashrani atau Majusi."

Same halnye yang sudah saye jelaskan tadi, kalau sejak dini anak dah didik bermental penipu, kemungkinan besar die akan jadi penipu. Tapi balik lagi pade anak itu sendiri, dalam proses pendewasaanye apakah dia bisa lepas dari pengaruh pendidikan yang dia dapati sejak kecil itu dan seberapa kuat pengaruh yang diberikan orang tuanya itu.

Petuah said...

Ttg hadits tu, sy pernah dengar cik siti.. tp, kata "ma-yuwahu" dlm hadits tu, tak bersifat mutlak, so tak mesti ape yg diingikan orang tue pasti akan terwujod. lg pon, macam mane mungken tuan john lock tu menyejajarkan sesuatu yg tak punye akal dg m'sie yang berakal. kl betol m'sie sperti kertas, tentu orang tue tak akan bersusah payah membentuk anaknye menjdi sedemikian rupe sesuai dg "warna" yg ie ingenkan.. jd menurot sy, orang tue berperan memperkenalkan "warna-warna" akal budi berikot akibatnye maseng2 kepade anak, apekah islam, yahudi, nasrani atau majusi. tp pd akhernye anak lah yg memilih "warnanye" sendiri. sehingge, tujuan mendidek adelah memperkenalkan nilai2 budaye hidop, apekah budaye baek atau budaye burok berikot konsekuensinye maseng2 kepade anak. supaye, anak tau mane yg baek dan mane yang burok dan ape akibatnye maseng2. ni cume pendapat je..

Anonymous said...

Lagi cari cadangan cikk.. hi hi..

Indra G Siu said...

saya alumni sma n i. dulu namanya sma 408, kepseknye pak dollah dun. Dah lama juga tak mengingat masa sma, sekali waktu ada juga rindu terasa. Kakak saya sekarang jadi guru disana. bagi saya tak jadi soal tentang curang atau tidaknya ujian nasional. Terus terang kita selalu berpikir guru atau muridlah yang salah, moralitas sering jadi acuan. Kita tidak pernah melihat sisi terluar dari semua itu, bahwa perlawanan terhadap sistim pendidikan kita telah lama terjadi dan semakin berujung taklama lagi akan kita lihat hasilnya. "Revolusi Pendidikan Nasional" tapi yang sebenarnya membuat saya tertarik tentang tulisan ini adalah ada juga orang kampung saya sekarang sudah mulai menulis. ini alamat email saya indragsiu@gmail.com salam kenal

Cik Siti said...

Hai, Bang Indra!
Sebetulnye orang2 kampong juge punye bakat dan keinginan untuk menulis. tapi karena hidupnye di kampong, bakat mereke banyak yang tak tersalurkan. Media untuk menyalurkan bakat tersebut belum ade. Paling-paling setakat menulis di mading sekolah, itu pun kalau ade. Nak dikirim ke koran2, banyak yang ditendang tulisannye. Alasannye adalah karena tidak memenuhi syarat. Mungkin juge dikarenakan kurangnye ilmu menulis yang baik dan benar. Akhirnye tulisan yang dikirim masuk tong sampah.

Mungkin saye bernasib baek, karene terdedah lewat media internet ni. Jadi, ade hasrat hati menulis, saye tulis saje apa yang hendak saye tulis. Meskipun masih banyak kurang sane-sini tapi tulisan saye tetap tampil di blog ni. Hehehehe.....

Edy Chandra said...

Hmmm heboh yah , prihatin banget !!!

1. Prihatin pendidikan kampong tercinta ini .

2. Prihatin guru kampong ini

3. Prihatin siswa kampong ini

4. Prihatin depdiknas kampong ini

5. Prihatin pemerintah kampong ini

Akhirnya prihatin menjadi tidak , karena sudah banyak prihatin sehingga sudah tidak berarti lagi prihatin itu, dan akhirnya berganti deh jadi ... "syukur".

1. Syukur "siswa" bisa lulus dan melanjutkan kuliah ataupun lulus bisa kerja dan dapatkan duit

2. Syukur "selat panjang" terkenal tuh karena berita media massa

3. Syukur "pemerintah selatpanjang" akan di kaji oleh pemerintah pusat.

4. Syukur "guru" kita akan bisa dapatkan pendidikan lagi karena kurang disiplin sebagai guru.

5. Syukur "negara tercinta" semakin tahun semakin bagus angka kelulusan , tetapi semuanya di kaji pemerintah dengan angka yang tidak valid yang akan menjatuhkan bangsa sendiri , karena yang di kaji adalah kota besar, mana mereka mengerti keadaan kota kecil yang serba kekurangan .

Semua ada hikmah, ambil hikmahnya saja, ada benar dan salah, ikutin saja, jadi di posisi netral ah , ga mau ikut campur .. hahaha :)

Anonymous said...

Mudah-mudahan hal tersebut tidak menular ke tempat lain khususnya di tempat kami di Tebing Tinggi. Alasan itu bisa saja dibuat untuk membela diri, tapi siapa yang tau dibalik semua alasan itu?

PeTuaH

Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan